(0361)8944701 •

STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Sejarah Singkat Taman Gili Dukuh

berita 859 kali 15 May 2019 06:05:04


Blahkiuh,KIMBlahkiuh - Taman Gili Dukuh, sangat erat kaitannya dengan keberadaan Pura Luhur Giri Kusuma, salah satu Pura Kahyangan Jagat yang terletak di sebelah barat Pasar Desa Adat Blahkiuh. Seperti disebutkan dalam Purana Pura Luhur Giri Kusuma,Taman Gili Dukuh adalah Beji atau tempat pesucian Ida Betara Pura Luhur Giri Kusuma.

Pura dan Beji ini, diduga sudah dirintis pembangunannya pada masa jaman Singasari (cikal bakal Desa Blahkiuh) yang dipimpin oleh Ki Gusti Pacung, trah Dinasti Mengwi yang sekarang keturunannya ada di Puri Mayun Blahkiuh. Pembangunan Pura dan juga Beji sudah dimulai tahun 1634 sampai dengan tahun 1638, dan terakhir pembangunannya tercatat pada tahun 1928.

Nama Taman Gili Dukuh erat kaitannya juga dengan keberadaan Padukuhan yang konon pernah ada di sekitar tempat itu, sedangkan Gili merujuk pada adanya Pelinggih Padmasana di tengah kolam. Di samping aura kesucian, terasa juga aura keangkeran dengan adanya metologi “Be Jeleg” (Ikan Gabus) yang bentuknya aneh.

Taman Gili Dukuh, memiliki beberapa titik mata air yang disucikan yang sekarang dikembangkan menjadi Permandian Umum, Kolam Renang dan Tempat Pengelukatan, di samping sarana lainnya ke depan nanti. Topografinya (dari utara ke selatan) secara garis besar terdiri dari tiga tingkatan merujuk pada konsep Tri Mandala.

Keberadaan Taman Gili Dukuh

Taman Gili Dukuh memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di ataranya:

Permandian Umum

Ada dua blok Permandian Umum dalam bentuk pancoran yang peruntukkannya dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. Permandian umum ini juga dilengkapi dengan Bangunan Kamar Ganti dan WC/Toilet

Kolam Renang

Kolam Renang yang ada sudah berstandar internasional, sehingga sering dipakai untuk kejuaraan renang tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Di samping untuk kejuaraan, Kolam Renang ini juga sering dipakai sebagai tempat Pemusatan Latihan untuk mencari bibit-bibit unggul perenang untuk kejuaraan tertentu. Kolam Renang ini dikelola oleh petugas dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Badung.

Tempat Pengelukatan

Melukat merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dengan menggunakan sarana air, yang dalam hal ini bersumber dari mata air yang ada di Taman Gili Dukuh berupa tiga buah pancoran. Secara umum tata caranya adalah sebagai berikut :

  1. Menuju kamar ganti, untuk memakai pakaian melukat
  2. Atur piuning di tempat melukat (pelinggih Dukuh) dan juga ngayat ke MerajanPuri Mayun dengan sarana Pejati atau
  3. Melukat di tiga pancoran, mulai dari pancoran di sebelah selatan
  4. Selesai melukat dan berganti pakaian lagi, dilanjutkan muspa terakhir di Padmasana Taman

Tempat melasti

Taman Gili Dukuh juga dipakai dalam beberapa Kegiatan Keagamaan diantaranya sebagai tempat melasti pada saat menjelang hari Raya Nyepi dan kegiatan keagamaan lainnya.

Bumi Perkemahan

Di sisi sebelah barat Taman Gili Dukuh juga terdapat tempat perkemahan atau Bumi Perkemahan yang di beri nama Bumi Perkemahan Dukuh yang dikelola oleh keluarga Puri Mayun Blahkiuh. Keberadaan bumi perkemahan ini sudah terkenal sampai di seluruh Bali.

Penutup

Sebagai Beji tempat pesucian Ida Betara Pura Luhur Giri Kusuma, tempat ini juga telah digunakan sebagai tempat Melasti, Nunas Toya Ning, Tempat Ngingsah dan sebagainya bagi masyarakat Desa Adat Blahkiuh.

Ke depan Taman Gili Dukuh Blahkiuh juga akan berfungsi selain sebagai Wisata Air dan Wisata Spiritual, juga akan menjadi Wisata Alam dan Pusat Pentas dan Aktivitas Budaya, sehingga dapat menjadi Ikon Desa Blahkiuh.

Share | | | |

Tags: Blahkiuh Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 09 May 2021 | Jam : 13:05:44
Kereb Akasa...

korden

Penawaran Rp.1,200,000.00
  • Dikunjungi oleh : 609951 Org
  • IP address : 3.237.48.165
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Sekilas Tentang Blahkiuh ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address