(0361)8944701 •

STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Taman Gili Dukuh

berita 474 kali 25 Mar 2019 08:03:07


Blahkiuh,KIMBlahkiuh - Masyarakat Desa Blahkiuh segera akan memiliki wisata spiritual. Kini, Desa Blahkiuh sudah memiliki Taman Gili Dukuh yang berada tepat di atas Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Abiansemal. “Sudah rampung tinggal menunggu peresmian dari Pemkab Badung saja. Kami harap, ini akan jadi ikon Desa Blahkiuh nantinya,” kata Perbekel Desa Blahkiuh, I Gusti Ngurah Made Oka saat ditemui, Senin (18/3). 


Ngurah Oka menceritakan, latar belakang dibangunnya Taman Gili Dukuh tersebut. Sejak dulu, di tempat tersebut memang sudah ada sumber mata air dan tempat pemandian umum. “Dari unsur masyarakat biasanya memendak tirta ke Dukuh ketika ada piodalan ataupun saat program Nyekah massal,” ujarnya.


Ia mengatakan, masyarakat Desa Blahkiuh setiap tahun juga melaksanakan upacara Melasti. Maka lanjutnya, Desa Blahkiuh memiliki sebuah inovasi untuk membuat Taman Gili Dukuh dengan berkoordinasi dengan pihak desa adat. Kemudian, pihak desa memohon izin ke Puri Blahkiuh untuk pembangunan Taman Gili Dukuh tersebut. “Tanah tersebut kan milik Puri, jadi kita harus minta izin dulu. Pihak Puri memberi izin menggunakan tanah tersebut semasih digunakan untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya. 


Taman Gili Dukuh dibangun bukan tanpa alasan. Salah satu tujuan dibangunnya tempat tersebut yakni sebagai salah satu upaya pelestarian adat, agama dan budaya di Desa Blahkiuh. “Kalau dulunya melasti ke Pantai Seseh, Pantai Batu Bolong, sekarang kita berpikir mengapa tidak memanfaatkan sumber mata air yang kita miliki. Selain menghemat waktu juga menghindari kekroditan. Kini kami sudah memiliki tempat melasti yg representatif yang setiap tahun akan kita gunakan,” ungkap Ngurah Made Oka.


Ngurah Made Oka memaparkan, di lingkungan Taman Gili Dukuh memiliki lima fungsi berbeda dalam satu kawasan yakni sebagai tempat melasti, tempat penglukatan umum, Kolam Renang Tirta Arum yang sering digunakan perlombaan bertaraf nasional, pemandian umum masyarakat setempat dan Bumi Perkemahan Dukuh. “Ini kita kemas dalam satu kawasan. Kedepan sarana dan prasarananya akan kita tingkatkan kembali untuk kenyamanan pengunjung,” ujarnya.


Ditanya mengenai rencana kedepan akan digunakan untuk wisata religi, ia mengatakan, sudah membentuk kelompok pengelola Taman Gili Dukuh. Pengelolaan tersebut katanya akan bersinergi dengan tim Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di pemerintahan desa dan juga melibatkan pihak Puri Blahkiuh. “Kolam renang Dukuh sudah sering digunakan sebagai perlombaan renang bertaraf nasional. Bumi Perkemahan Dukuh pun juga seperti itu bahkan sempat digunakan untuk menggelar Jambore Nasional. Jadi saya rasa tidak akan sulit memperkenalkan Taman Gili Dukuh sebagai wisata religi karena dalam satu kawasan,” paparnya.


Selain dimanfaatkan sebagai tempat berkemah, Bumi Perkemahan Dukuh juga digunakan sebagai tempat untuk yoga bagi para lansia. Guna meningkatkan pelayanan di Bumi Perkemahan Dukuh akan disiapkan tenda oleh pihak pengelola. “Jadi nanti masyarakat yang akan kemah tidak perlu repot membawa tenda. Akan ada tempat penyewaan dari pengelola,” jelasnya.


Sementara, untuk pengelolaan, pihaknya akan memberdayakan masyarakat setempat.  Seperti penjaga, tukang parkir, pedagang dan petugas kebersihan. “Kami akan ajak dan berdayakan masyarakat untuk menjaga dan mengelola. Selain itu, kan mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari sana,” katanya. 

Share | | | |

Tags: Blahkiuh Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 20 Jun 2021 | Jam : 05:06:14
Kereb Akasa...
  • Dikunjungi oleh : 647023 Org
  • IP address : 3.235.223.5
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Sekilas Tentang Blahkiuh ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address