(0361)8944701 •

STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Jadi Ikon Desa Blahkiuh, Taman Gili Dukuh Blahkiuh Dipelaspas

berita 1142 kali 09 Feb 2019 09:02:16


Blahkiuh,  KIMBlahkiuh - Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung kini telah memiliki tempat melasti yang refresentatif. Tempat ini dinamakan "Taman Gili Dukuh" Desa Adat Blahkiuh.

Bertepatan dengan rahina Saniscara Kliwon, Tumpek Klurut, Sabtu (9/2) dilaksanakan upacara pelaspas untuk menyucikan bangunan Taman Gili Dukuh yang baru selesai di pugar itu. Upacara melaspas yang dipuput Pemangku tersebut diikuti krama Desa Adat Blahkiuh dengan menghaturkan pepranian. Upacara pemelaspas dihadiri Kabid. Bina Marga beserta staf,  Angga Puri, Bendesa Adat Blahkiuh Ida Bagus Bajra, Perbekel Blahkiuh I Gst. Ngr. Made Oka serta prajuru adat dan dinas.

Menurut Perbekel Blahkiuh Gst. Made Oka, Taman Gili Dukuh ini terbagi menjadi 5 (lima) tempat dalam satu kawasan. Terdiri dari, yang pertama tempat Suci pemanfaatannya untuk Pemelastian dan Pesucian. Kedua, Taman Gili Dukuh juga sebagai tempat Penglukatan bagi masyarakat umum. Ketiga, sebagai tempat Pemandian umum untuk masyarakat. Keempat, terdapat Kolam Renang Tirta Arum yang sering digunakan untuk penyelenggaraan lomba bertaraf Nasional. Dan kelima, ada Bumi Perkemahan Dukuh.

"Untuk upacara melasti Ida Bhatara menyambut hari suci Nyepi 1941 yang akan datang, pertama kalinya akan dilaksanakan di tempat ini, " terang Gusti Made Oka. Untuk selanjutnya Taman Gili Dukuh ini akan dibuka sebagai tempat wisata desa. Untuk mempercantik Taman Gili Dukuh masih  ditanami pohon tanaman hias yang pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat. Seperti dalam kolam akan ditanam tanaman Teratai sebagai ikon desa. "Kedepan kita akan optimalkan lagi agar tempat ini lebih baik," jelasnya. 

Dalam kesempatan ini, Perbekel menyampaikan banyak terima kasih kepada keluarga besar Puri Mayun karena sudah menyerahkan pemanfaatan tempat Beliau untuk dikelola oleh pihak desa. Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah mendukung dan membantu anggaran untuk pembangunan ini.

"Sumber dananya dari APBD Badung yang kita usulkan dari tahun 2016," terangnya. Rencana kedepan akan dibentuk kelompok pengelola Taman Gili Dukuh dengan melibatkan komponen masyarakat dan pihak Puri. "Mudah-mudahan ini akan menjadi ikon Desa Blahkiuh, disamping pasar desa adat dan pura kahyangan jagat, kami akan terus menggali potensi yang ada di desa," harapnya. (002/KIMBlahkiuh).

Share | | | |

Tags: Blahkiuh Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 20 Jun 2021 | Jam : 05:06:14
Kereb Akasa...

suma

Penawaran Rp.1,000.00
  • Dikunjungi oleh : 646992 Org
  • IP address : 3.235.223.5
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Sekilas Tentang Blahkiuh ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address