(0361)8944701 •

STYLE OPTIONS

10 Predefined Color Schemes

CHOOSE YOUR COLOR SKIN


CHOOSE YOUR LAYOUT STYLE

Patterns for Boxed Version

Images for Boxed Version


×

Sanggar Banda Yowana Blahkiuh Iringi Tabuh Lomba Bapang Barong se-Bali

berita 264 kali 12 Nov 2018 08:11:31


Sempidi, KIMBlahkiuh - Sanggar Banda Yowana, Desa Blahkiuh ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan Kab. Badung untuk mengiringi gambelan/tabuh dalam Lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal se-Bali, serangkaian Festival Seni Budaya Badung ke-12 dan HUT Mangupura ke-9 tahun 2018, di jaba Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, tanggal 10 dan 11 Nopember.


Dalam lomba tersebut, Sanggar Banda Yowana mengiringi 30 tukang bapang barong dan mekendang tunggal dengan kriteria tarung bebas. Hari pertama mengiringi 15 peserta dan hari kedua juga 15 peserta. Kehadiran Sanggar Banda Yowana di event setingkat Kabupaten ini disambut baik oleh Panitia, para peserta maupun masyarakat penonton, karena sukses mengiringi lomba dengan baik.


Menurut Kelian Sanggar Banda Yowana I Wayan Mahendra didampingi pembina tabuh I Putu Sukadana, keikutsertaan sanggar ini dalam Festival Seni Budaya Badung tahun ini menjadi pengalaman yang berharga bagi anggota sekaa, karena tidak semua sekaa/sanggar yang ada bisa tampil di event tahunan ini. Mahendra menuturkan, bahwa Sanggar Banda Yowana ini berdiri sekitar 6 tahun lalu.


Dilatarbelakangi, adanya perangkat gambelan Semara Pegulingan milik Semeton Pande Blahkiuh yang tidak ada penabuhnya. Dari sana, salah satu penglingsir semeton Pande, Bapak Putu Bakti (alm) waktu itu berinisiatif kembali membangkitkan Semara Pegulingan, dan dimintalah para penabuh di masing-masing banjar di Blahkiuh yang berkenan untuk merawat gambelan ini. Sehingga terbentuklah Sanggar Banda Yowana, dimana tempat latihan/sanggar dilakukan di rumah Bapak I Made Suwena di Br. Kembangsari hingga saat ini. "Kehadiran kami intinya untuk ngayah, dan meningkatkan rasa kebersamaan diantara seniman di Desa Blahkiuh khususnya," kata Mahendra.


Lebih lanjut Mahendra mengungkapkan, telah banyak pengalaman dan kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Banda Yowana. Mulai dari ngayah di Pura Khayangan Tiga, mengiringi bodres yang paling laris saat ini yakni Celekontong Mas dan bondres lainnya, mengiringi tabuh tari sekar jepun saat kegiatan HUT Sekaa Teruna di Blahkiuh, mengiringi tabuh Calonarang termasuk lomba bapang barong dan jauk manis. "Kami pernah mengiringi lomba bapang barong di Desa Kaba-Kaba Tabanan dengan 22 peserta, mengiringi tabuh lomba Jauk Manis di Nusa Dua, lomba bapang barong Wima Fest Dlodpasar dan terakhir lomba Bapang Barong di Puspem," ungkapnya. Selain itu Sanggar Banda Yowana pernah pula ditunjuk mengiringi tabuh dalam pembinaan Teater dari Dinas Kebudayaan dan Calonarang di ajang Bali Mahalangu. (002/KIMBlahkiuh)

Share | | | |

Tags: Blahkiuh Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 20 Jun 2021 | Jam : 05:06:14
Kereb Akasa...

handphone

Penawaran Rp.1,000,000.00
  • Dikunjungi oleh : 647009 Org
  • IP address : 3.235.223.5
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Sekilas Tentang Blahkiuh ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address